Business Forecasting Analysis at Aneka Tambang

Authors

  • Karunia Zuraidaning Tyas Universitas Perwira Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjeb.v2i1.81

Keywords:

Sales forecast, Price Book Value, Trend Moment Method, Company Strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peramalan penjualan tahun 2017–2019 berdasarkan penjualan tahun 2014 – 2016. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, manajemen perusahaan membuat peramalan. Dengan peramalan, maka perusahaan dapat mencapai tujuan dan mengambil keputusan dalam produksinya, namun dalam kegiatan peramalan memerlukan penerapan metode, hal ini bertujuan untuk dapat mengetahui permintaan yang akan datang dan meminimalkan kesalahan peramalan. Berdasarkan hasil peramalan, pada tahun 2017, Antam akan menghasilkan penjualan sebesar Rp. 9.371.761.984.000, tahun 2018 sebesar Rp. 9.214.576.894.500, dan pada tahun 2019 sebesar Rp. 9.057.391.805000. Berdasarkan hasil perhitungan PBV, saham perseroan dipasarkan sebesar 0,85 kali pada tahun 2014, 0,46 kali pada tahun 2015, dan 1,16 kali pada tahun 2015 dibandingkan dengan nilai bukunya

References

Andri Rachmawati dan Hanung Triatmoko. 2007. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan”. Simposium Nasional Akuntansi X Makasar, 26-287 Juli.

Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi Dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Brigham and L.C Gapenski. (2006). Intermediate Financial Management. 7th edition. SeaHarbor Drive: The Dryden Press

Darmadji, Tjiptono dan Fakhruddin, H.M. (2012). Pasar Modal Di Indonesia. Ed. Ketiga. Jakarta: Salemba Empat

Dul Muid, S.E., M.Si., Akt. 2012. Analisis Perbandingan Metode Peramalan Penjualan Bahan Bakar Minyak Dengan Standar Kesalahan Peramalan (Skp) Pada PT Pertamina (Persero) Region IV Jateng dan DIY

Fahmi, Irham. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Bandung :Alfabeta

Gaspersz, Vincent. 2002. Production Planing and Inventory Control. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Halim, Abdul, 2003, Analisis Investasi, Penerbit Salemba Empat : Jakarta

Heizer, J. d. (2006). Operations Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Mulyono Sri, 2000. Peramalan Bisnis Dan Ekonometrika, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Munawir, H.S. 2004. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta : Liberty

V. Kontorovich, “Efficient multi-moment non-linear filtering : experimental study for low power chaotic signals *,” pp. 0–5, 2014

Wibowo, Indra. 2010. Analisis Peramalan Penjualan Rokok Golden Pada PT.Djitoe Indonesian Tobacco Coy Surakarta.

Published

10-03-2022

How to Cite

Zuraidaning Tyas, K. (2022). Business Forecasting Analysis at Aneka Tambang. Perwira Journal of Economics & Business, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.54199/pjeb.v2i1.81

Issue

Section

Artikel