PENGARUH PENGGUNAAN INFLUENCER INSTAGRAM TERHADAP CITRA MERK DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN

Penulis

  • Yogi Sugiarto Maulana STISIP Bina Putera Banjar
  • Dian Hadiani STISIP Bina Putera Banjar
  • Sri Wahyuni Mahasiswa STISIP Bina Putera Banjar

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i2.47

Kata Kunci:

Influencer, Instagram, Image, Brand, Sales

Abstrak

Masalah yang ditemukan adalah sebagian di antara follower masih ada yang merasa masih takut saat menjalani facial di klinik kecantikan, mereka khawatir jadi purging, takut tidak cocok, atau malah kulit jadi jelek kondisinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh Influencer terhadap Citra merek yang berdampak pada peningkatan volume penjualan produk AURA Dermatology Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam  penelitian ini adalah penelitian Eksplanasi (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di AURA Dermatology Bandung. Pengumpulan data menggunakan angket dalam google form yang disebarkan kepada 90 pelanggan. Teknik analisa data menggunakan analisis korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Influencer terhadap Citra merek yang berdampak pada peningkatan volume penjualan produk AURA Dermatology Bandung sebesar 78,5%.

Referensi

Amstrong, Kotler (2015), marketing an introducing prentice hall twelfth edition, England : pearson education, Inc

Arifin, Anwar. 2003. Ilmu komunikasi: suatu pengantar ringkas. Jakarta. PT. Rajagrafindo persada.

Atmoko dwi, Bambang. 2012. Instagram handbook tips fotografi ponsel. Jakarta:media kita.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori belajar dan pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fandy Tjiptono., Gregorius Chandra., dan Dedi Adriana., 2008, Pemasaran Strategik, Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. edisi 2 Yogyakarta: CV. Andi Offset

Gozhali, Imam 2010. ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: UNDIP.

Kotler, Philiph (alih bahasa Ancella Anitawati Hermawan SE), Manajemen Pemasaran Analysis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta: Salemba Empat, 2000

Nasrulloh, Rulli, 2016. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Yanuar Widi Prabowo, Suharyono & Sunarti, Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 14 No. 2 September 2014

Sulaeman, M., & Kusnandar, H. F. (2020). Integrated Marketing Communication Model in Shaping Brand Equity and Business Performance in the Creative Industries of Embroidery Sector. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 3798–3805. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1444

Sabrina Dimeila, Farid: Pengaruh Selebriti Endorser Instagram Terhadap Minat Beli Followers, Prologia EISSN 2598-777 Vol. 3, No. 1, Juli 2019

Ni Made Rahayu Wulandari, I Ketut Nurcahya, Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo di Kota Denpasar, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 11, 2015

Gayatri Hutami Putri & Bhina Patria, Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri, Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (Gamajpp) Volume 4, No. 1, 2018

Shiya Azi Sugiharto dan Maulana Rezi Ramadhana, S.Psi., M.Psi, Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume VIII No. 2 Desember 2018

Unduhan

Diterbitkan

15-07-2021

Cara Mengutip

Sugiarto Maulana, Y. ., Hadiani, D., & Wahyuni, S. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN INFLUENCER INSTAGRAM TERHADAP CITRA MERK DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN. Perwira Journal of Economics & Business, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i2.47

Terbitan

Bagian

Artikel