PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IOT) PADA SISTEM PENGAMAN PINTU DENGAN SIDIK JARI BERBASIS ARDUINO

Authors

  • Siti Nasiroh Universitas Perwira Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjse.v2i2.142

Abstract

Perkembangan teknologi IoT yang semakin meningkat yang salah satunya dengan menerapkan konsep baru pada pengembangan ruang yang luas yang diimplementasikan pada rumah pintar untuk menyediakan kenyamanan, keamanan. Dengan menggunakan sidik jari berbasis Arduino, sehingga dibutuhkan analisa untuk merancang sebuah sistem keamanan pintu dengan menggunakan sidik jari sebagai autentikasi utamanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu memanfaatkan wifi untuk inisialisasi fingerprint sensor dan solenoid,akses sistem, membaca permintaan dan melanjutkan perintah membuka pintu. Setiap yang masuk rumah harus melakukan proses scan sidik jarinya di sensor fingerprint, agar dapat membuka pintu. Sedangkan untuk membuka pintu dari dalam rumah, dengan cara menyentuh sensor, setelah dilakukan, pengujian maka dapat disimpulkan bahwa sistem atau alat ini dapat digunakan sebagai pengaman pintu rumah dengan menggunakan sidik jari dengan waktu rata-rata pembacaan sensor fingerprint selama 1,4 detik.

References

G. A. Ferry Sudarto, “Perancangan Sistem Smartcard Sebagai Pengaman Pintu Menggunakan Rfid Berbasis Arduino,” CCIT, vol. 10, pp. 239-254, 2017.

S. S. P. P. Anton Yudhana, “Perancangan Pengaman Pintu Berbasis Sidik Jari Menggunakan Metode Uml,” Jurnal Teknologi, pp. 131-138, 2018.

Y. Y. Y. L. a. W. H. Haiyun Wu, “Design of Intelligent Classroom Fingerprint Attendance System,” dalam International Conference on Electromechanical Control Technology and Transportation (ICECTT 2018), 2018.

M. A. R. Hidayat Nur Isnianto, “Sistem Kemananan Pintu Rumah dengan Fingerprint dan Keypad berbasis Arduino,” dalam Seminar Nasional Teknologi Terapan, Yogyakarta, 2015.

A. Roihan, A. Permana and D. Mila, “Monitoring Kebocoran Gas Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO dan ESP8266 Berbasis Internet of Things,” ICIT (Innovative Creative and Information Technology), vol. 2, no. 2, pp. 170-183, 2016.

P. J. Hengky Yalandra, “RANCANG Bangun Pengaman Pintu Personal Room Menggunakan Sensor Sidik Jari Berbasis Arduino,” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, pp. 118-125, 2019.

Downloads

Published

2022-08-10

Issue

Section

Artikel