PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI HURUF HIJAYIAH MENGGUNAKAN GAME EDUKASI BERBASIS ADOBE ANIMATE

Penulis

  • Hamdani Solihin Universitas Perwira Purbalingga
  • Siti Nasiroh Universitas Perwira Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjse.v4i1.275

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Game, Huruf Hijaiyah, Adobe Animate

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan game edukasi yaitu game ular tangga pada huruf Hijayah kepada anak-anak jilid 1 Rumah Qur’an Kamila yang dapat dimainkan di Android Smartphone. Pembuatan media game dibuat agar anak-anak dalam belajar Hijayah bisa menjadi lebih menyenangkan. Metode yang digunakan dalam pengembangan media penelitian ini adalah metode Luther yang terdiri dari enam tahapan yaitu : konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil dari pengembangan metode Luther adalah aplikasi game ular tangga hijaiyah atau Ularji berbasis Adobe Animate yang dapat dijalankan di Android Smartphone. Aplikasi ini diuji melalui alpha testing, dan fungsi aplikasi berjalan dengan baik. Selain itu, dilakukan juga beta testing dengan hasil persentase 88,4%, hal ini menunjukkan bahwa aplikasi game ini layak digunakan dan game Ularji dapat digunakan sebagai alternatif media juga dapat meningkatkan minat belajar huruf hijaiyah sejak awal.

Referensi

D. W. Putra, A. P. Nugroho, and E. W. Puspitarini, "GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI," Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 1, Maret 2016.

J. R. Sheth, "Snake and ladder based algorithm for steganographic application of specific streamline bits on prime gap method," in International Conference on Control, Instrumentation, Communication and Computational Technologies (ICCICCT), 2014, pp. 12-16. https://doi.org/10.1109/ICCICCT.2014.6992921.

W. Binanto, "Multimedia Digital: Dasar Teori dan Pengembangannya," Yogyakarta: Andi, 2010.

Wahana Komputer, "Mudah Membuat Game Android Berbasis Adobe AIR," Yogyakarta: Andi, 2014.

D. Novaliendry, "Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP N 1 RAO)," Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, vol. 6, no. 2, 2013.

A. Saputro, "Panduan Praktis Membuat Mini Games Android Menggunakan Adobe Animate CC," Yogyakarta: Penerbit Andi, 2018.

Ashari Novsiyanti et al., "Game Edukasi Anak Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android," Jurnal Multinetics, vol. 6, no. 2, 2020.

S. Arikunto, "Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik," Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Rianto and Mascita Endang, "Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Exe Learning," Jurnal Diglosia, vol. 6, no. 1, pp. 1-1, 2022

Unduhan

Diterbitkan

18-02-2024

Terbitan

Bagian

Artikel