RANCANG BANGUN SISTEM INVENTARIS ALAT DAN BAHAN BERBASIS WEBSITE DI SMK NEGERI 1 KALIGONDANG

Penulis

  • Kevin Ricky Utama Universitas Perwira Purbalingga
  • Ari Budi Riyanto Universitas Perwira Purbalingga
  • Agus Darmawan Universitas Perwira Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjse.v4i1.278

Kata Kunci:

Inventaris, Rapid Application Development, Website

Abstrak

Inventaris adalah daftar keseluruhan barang milik institusi baik itu sekolah, perusahaan, ataupun pemerintah yang digunakan sebagai alat untuk kegiatan operasionalnya. SMK Negeri 1 Kaligondang merupakan salah satu sekolah rujukan di Daerah Purbalingga yang melaksanakan kegiatan tersebut. Namun dalam pengelolaannya, SMK Negeri 1 Kaligondang menginventaris alat dan bahan secara manual yakni dengan mengetik langsung dalam Microsoft Excel. Selain itu sistem penyimpanan data tidak terpusat sehingga kepala bagian tidak dapat mengecek barang yang ada dibagiannya sendiri. Oleh sebab itu, perlu sebuah sistem inventaris alat dan bahan untuk mengatasi masalah tersebut. Pada penelitian ini penulis melakukan perancangan serta pembangunan sistem Inventaris berbasis website pada SMK N 1 Kaligondang. Pembuatan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan sistem Rapid Application Development. Dari hasil pengujian Black Box dapat terlihat bahwa pembangunan sistem ini sudah sesuai dengan kebutuhan dari user, selain itu fitur yang dirancang sesuai dan sukses tidak mengalami kendala. Dari hasil pengujian tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem inventaris berbasis website pada SMK Negeri 1 Kaligondang terbukti dapat digunakan dengan baik dan menjangkau lebih luas setiap usernya serta sudah layak untuk diterapkan di SMK Negeri 1 Kaligondang.

Referensi

Harimurti, R. dan Sutanto, Y. (2014). Pengembangan aplikasi E-Business untuk manajemen penjualan menggunakan sms gateway berbasis web. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, 4(1), 37–51.

Oktaviani, N., & Widiarta, I. M. (2019). Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web Pada SMP Negeri 1 Buer. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), 1(2), 160-168.

Pebriyanto. (2011). Sistem informasi penjualan berbasis web dengan metodologi RAD (studi kasus : PT. Simtex Mechatronic Indojaya). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Putratama, V., dan Supono. (2016). Pemrograman web dengan menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish

Rerung, R. R. (2018). Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, A. O., Sunarti dan Abdilah, A. (2015). Web Programming I. Yangyakarta: Graha Ilmu.

Utama, K. R. (2023). Universitas Perwira Purbalingga: Purbalingga.

Unduhan

Diterbitkan

18-02-2024

Terbitan

Bagian

Artikel