Pemeliharaan dan perawatan Three Cylinder Air Compressor di PT. WKB

Pemeliharaan Dan Perawatan Three Cylinder Air Compressor

Authors

  • Sahat Parulian Panjaitan Institut Teknologi Sumatera
  • Alex Noerdin Institut Teknologi Sumatera
  • M. Agyp Hujjah Aprilian Institut Teknologi Sumatera
  • Setya Pramana Hasibuan Institut Teknologi Sumatera
  • Muhammad Fadhil Aulia Harbie Institut Teknologi Sumatera
  • Fajar Paundra Institut Teknologi Sumatera
  • Markus Pasaribu Institut Teknologi Sumatera

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjse.v4i2.287

Keywords:

Kompresor, Maintenance, Industri, Produksi

Abstract

Kompresor adalah alat atau mesin yang meningkatkan atau menempatkan fluida gas (tekanan udara) atau udara. Fungsi utama kompresor adalah mengambil gas atau udara dari lingkungan sekitar, memberikan tekanan ke dalam tabung, dan kemudian menyampaikannya kembali dalam bentuk udara yang memiliki tekanan. PT. WKB memiliki alat-alat produksi di setiap jalur yang memanfaatkan tenaga udara atau angin untuk menggerakkan mesin-mesin produksi. Jika mesin kompressor tidak segera dibenahi maka proses produksi beton pun akan terganggu. Tulisan ini menyajikan tinjauan literatur tentang pemeliharaan perawatan pada mesin Three Cylinder Air Compressor di PT. WKB. Proses pengecekan dan perawatan-perawatan serta pergantian yang dilakukan saat maintenance part komponen pada kompresor dilakukan jika terjadi kerusakan yang fatal pada study kasus ini kompressor terjadi overhead yang mengakibatkan piston dan stang piston rusak. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode studi literatur, observasi lapangan, dan pengumpulan data. Penelitian ini menganalisis berbagai pendekatan, metode, dan alat yang digunakan dalam pemeliharaan yang terencana, serta keuntungan yang diperoleh dalam hal peningkatan produktivitas dan pengurangan biaya. Kerusakan yang terjadi tersebut mengakibatkan mesin kompresor harus di bongkar total (overhoul) di dalam workshop.

References

D. (. Ignatius Gunawan Widodo, "ANALISA HASIL PENGUJIAN UNJUK KERJA KOMPRESOR TORAK," Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Polines., pp. 03(12), 259-268, 2020.

f. irawan, "PERUBAHAN PERFORMANSI KOMPRESOR SUPERIOR W74 KARENA PENURUNAN TEKANAN GAS ALAM KE SUCTION KOMPRESOR DI CONOCO PHILLIPS (RAMBA) LTD," maintenance, pp. 9-16, 2011.

d.Rezky Ramadhan Sake, "MEDIA PEMBELAJARAN KOMPRESOR TORAK TUNGGAL DAN KOMPRESOR TORAK GANDA," jurnal tematis, pp. 11-23, 2021.

d. m. dkk, "ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN PEMELIHARAAN (MAINTENANCE) TERHADAP KUALITAS PRODUK PADA CV GREEN PERKASA PEMATANGSIANTAR," vol. 03(01), pp. 40-48, 2017.

Y. B. P. E. Fajar Paundra, "Metode Perawatan Dan Perbaikan Mesin Creeper Di Pabrik Pengolah Karet PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Rejosari," Perwira Journal of Sains & Engineering (PJSE), vol. 3, no. 1, pp. 11-14, 2023.

Published

2024-08-10

Issue

Section

Artikel