PROSES MAINTENANCE DAN EVALUASI KINERJA POMPA 56-P-101 D DI UNIT UTILITIES PT. XYZ

Authors

  • Antero Jona Vialin Institut Teknologi Sumatera
  • Ahmad Kurniawan Institut Teknologi Sumatera
  • Bayu Fajar Nugroho Institut Teknologi Sumatera
  • Dika Ardiansyah Institut Teknologi Sumatera
  • Rahmat Hidayat Institut Teknologi Sumatera
  • Rizky Candra Purnama Institut Teknologi Sumatera
  • Fajar Paundra Institut Teknologi Sumatera

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjse.v4i1.289

Keywords:

Pompa, Cooling Tower, Minyak Bumi, Industri

Abstract

Pompa merupakan salah satu jenis mesin fluida yang berfungsi untuk memindahkan zat cair dari suatu tempat ke tempat yang diinginkan. Zat cair tersebut contohnya adalah air, oli atau minyak pelumas, serta fluida lainnya. Pada Perusahaan XYZ pompa jenis 56-P-101 D di unit utilities sangat sering dioperasikan dalam mengolah produk-produk di perusahaan XYZ sehingga perlu diterapkan perawatan terhadap pompa demi menjaga agar pompa tetap terawat sehingga usia pakai dari pompa dapat bertahan lebih lama dan dapat minimalisir kerusakan yang mungkin dapat terjadi pada pompa . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan pompa dalam konteks cooling tower di industri minyak bumi, dengan fokus pada operasi dan pemeliharaan di fasilitas XYZ. Metode yang digunakan dalam pengambilan data penelitian ini adalah metode observasi. Metode observasi melibatkan pengamatan langsung terhadap suatu fenomena atau kegiatan untuk mengumpulkan data. Dalam hal ini, informasi tentang unit 56 dikumpulkan dengan cara mencatat aktivitas, peristiwa, atau parameter yang relevan dalam log sheet secara langsung dari operasional lapangan. Implementasi dari penelitian ini mencakup peningkatan keberlanjutan operasi industri minyak bumi dan peningkatan efisiensi energi secara keseluruhan.

References

D. I. Unit, U. Pt, P. Persero, and R. U. Vi, Laporan praktek kerja lapangan analisa kerusakan dan sistem. 2014.

D. Marten, “EVALUASI KINERJA COOLING TOWER LAPORAN KERJA PRAKTIK PT . PERTAMINA ( PERSERO ) REFINERY UNIT VI BALONGAN ( Periode 5 Juli 2021-5 Agustus 2021 ) I DEWA RAY RAHENDRA ASTAWA JAKARTA,” 2021.

S. Hariady, “Analisa Kerusakan Pompa Sentrifugal 53-101C Wtu Sungai Gerong Pt. Pertamina Ru Iii Plaju,” J. Desiminasi Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 29–42, 2014.

D. Aldyansyah et al., “Perawatan Mesin Alat Berat Wheel Loader PT. XYZ,” J. Tek. Mesin, vol. 20, no. 1, pp. 18–23, 2023, doi: 10.9744/jtm.20.1.18-23.

Fajar Paundra., T. Karang et al., “Compressor Valve Maintenance on CC 205 UPT Locomotive Depot Divre IV,” vol. 1, no. 1, pp. 53–58, 2023.

A. A. Fatrullah, M. F. Sidik, and D. A. Wicaksono, “Perawatan Chain and Scraper Bucket System Pada Reclaimer Limestone Di Perusahaan Semen Chain and Scraper Bucket System Maintenance on Limestone Reclaimer in Cement Company,” vol. X, no. X, pp. 1–11, 2023.

A. Daryus, “Manajemen Perawatan Mesin,” Univ. Darma Persada, p. 115, 2019.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Artikel