SISTEM MANAJEMEN KARTU TANDA MAHASISWA DIGITAL BERBASIS MOBILE WEBSITE UNIVERSITAS PERWIRA PURBALINGGA

Authors

  • Tubagus Afif Nur Hidayat Universitas Perwira Purbalingga
  • Siti Nasiroh Universitas Perwira Purbalingga
  • Herjuna Ardi Prakosa Universitas Perwira Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjse.v4i2.304

Keywords:

sistem, Kartu Tanda Mahasiswa, Mobile Website, Model Waterfall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah terkait manajemen Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) fisik di Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) dan merancang sebuah solusi berbasis teknologi informasi yang dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam administrasi pendidikan tinggi. Masalah yang diidentifikasi meliputi risiko kerusakan dan kehilangan KTM fisik serta keterlambatan dalam proses perubahan data pada KTM. Dengan menggunakan metode observasi dan analisis data sekunder, penelitian ini menyoroti perlunya adopsi solusi KTM digital berbasis Mobile Website. Perancangan sistem ini diharapkan dapat memfasilitasi akses mahasiswa terhadap KTM, menghindari risiko kerusakan dan kehilangan, serta mempercepat proses validasi dan perubahan data. Melalui penerapan solusi ini, diharapkan UNPERBA dapat meningkatkan efisiensi administratif, memberikan layanan yang lebih baik kepada mahasiswa, dan berkontribusi pada transformasi digital di bidang pendidikan. Hasil penelitian disajikan dalam sistem KTM digital berbasis mobile web.

References

Sari, R. P., & Wibowo, A. (2020). Implementasi Kartu Tanda Mahasiswa Elektronik pada Mahasiswa di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(6), 1019-1026.

Pualinggi, M., Sarjan, A., & Kahpi, N. (2021). Integrasi e-KTM (Kartu Tanda Mahasiswa Elektronik) dengan PDDIKTI menggunakan QR-Code berbasis Android. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(1),1-10.

Renaningtias, N., & Apriliani, D. (2021). Penerapan Metode Prototype pada Pengembangan Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa. Jurnal Rekursif, 9(1), 4-6.

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia selama Pandemi COVID-19. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi), 24(2), 187-200. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Gedung B.J. Habibie Lantai 5, Jl. M.H. Thamrin No.8, Jakarta Pusat, 10340.

Pualinggi, P., Sarjan, M., & Kahpi, A. (2021). Integrasi E-KTM (Kartu Tanda Mahasiswa Elektronik) dengan Pddikti Menggunakan Qr-code Berbasis Android. Journal Peqguruang: Conference Series, 3(1). Universitas Al-Asyariah Mandar

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Erlangga.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. SAGE Publications.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass.

Published

2024-08-10

Issue

Section

Artikel