METODE PEMELIHARAAN GENERATOR SINKRON PADA UNIT PLTP

Authors

  • Leonardo Dicaprio Purba Institut Teknologi Sumatera
  • Andi Andi Institut Teknologi Sumatera
  • Eko Ardiansah Institut Teknologi Sumatera
  • Muhammad Ridho Hilman Institut Teknologi Sumatera
  • Rangga Bayu Pranajaya Institut Teknologi Sumatera
  • Salman Al Farisi Institut Teknologi Sumatera
  • Fajar Paundra Institut Teknologi Sumatera

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjse.v4i2.312

Keywords:

efisiensi operasional, generator sinkron, korektif, preventifa

Abstract

Pemeliharaan generator merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan guna menjaga dan memastikan komponen generator dalam kondisi yang baik dan optimal, sehingga kinerja serta keandalan komponen generator dapat dipertahankan dengan maksimal. Proses pemeliharaan ini mencakup berbagai tindakan seperti pemeriksaan berkala, perawatan rutin, penggantian suku cadang yang aus, dan perbaikan jika diperlukan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memastikan kinerja optimal generator dalam memproduksi energi listrik yang stabil dan berkelanjutan. Penelitian ini menguraikan secara mendalam metode pemeliharaan preventif, prediktif, dan korektif yang diterapkan pada generator sinkron di PLTP. Pemeliharaan preventif meliputi inspeksi rutin, pengujian, dan penggantian komponen secara terjadwal untuk mencegah kerusakan. Pemeliharaan prediktif menggunakan teknik monitoring kondisi dan analisis tren untuk mendeteksi potensi kegagalan sebelum terjadi. Sedangkan pemeliharaan korektif dilakukan setelah terjadi kegagalan untuk memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu PLTP dalam mengoptimalkan program pemeliharaan generator sinkron, sehingga meningkatkan keandalan pasokan listrik dan efisiensi operasional.

References

C. Sihombing, "Analisa Efisiensi Termal Turbin, Kondensor, dan Menara Pendingin pada Pembangkit LIstrik Panas Bumi," vol. X, p. 5, 2020.

N. G. T. P. Zaputra, "Analisis Pengaruh Jumlah Lilitan dan Kecepatan Putar Terhadap Efisiensi Pada Permanent Magnet Synchronus Generator 18 Slot 16 Pole," JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. VIII, no. 2, pp. 1-2, 2022.

Z. Anthony, "Mesin Listrik Dasar," ITP PRESS, Padang, 2018.

M. Y. A. Islami, "Optimalisasi Perawatan Diesel Generator No. 1 Guna Menunjang Pengoperasian Pada Kapal MV. Indonesia Bulker, Jakarta: Kementrian Perhubungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Sekolah Tinggi Pelayaran," Jakarta, 2021.

P. Z. M. d. Denis, "Studi Penggunaan dan Pemeliharaan Cooling Water Sytem di PLTA Asahan-1 PT PJB Service," Electronica and Electrical journal of Innovation Technology, vol. IV, no. 1, p. 33, 2023.

P. D. Saputra, Usulan Perawatan Mesin Generator Set 6.D15 Mitsubishi Menggunakan Metode Reability Centerec Maintenance (RCM) di Perumahan Staff PT. Surya Intisari Raya Perawang, Riau: Universitas Syarif Kasim , 2023.

R. H. Y. S. M. Farhan, "Pengaruh Pembebanan Terhadap Arus Eksitasi Generator Unit 2 PLTMH Curug," Jurnal Simetrik, vol. XI, no. 1, p. 399, 2021.

I. D. Pranowo, "Sistem dan Manajemen Pemeliharaan," deepublish Publisher , Yogyakarta, 2019.

Published

2024-08-10

Issue

Section

Artikel