PEMBUATAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENTINGNYA MENGOLAH SAMPAH SEJAK DINI

Authors

  • Irfan Rifa'i Universitas Perwira Purbalingga
  • Ari Budi Riyanto Universitas Perwira Purbalingga
  • Agus Darmawan Universitas Perwira Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjse.v4i2.322

Keywords:

Media Edukasi, Motion Graphic , sampah, Pengolahan Sampah

Abstract

Penelitian ini mendalami penggunaan media video animasi motion graphic sebagai alat media edukasi tentang pentingnya pengelolaan sampah sejak dini bagi siswa sekolah dasar. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai sampah, pengolahannya, serta kesadaran lingkungan kepada siswa. Dengan fokus pada aspek-aspek seperti definisi sampah, proses pengolahan, dan dampak negatifnya, penelitian ini bertujuan menyediakan rekomendasi kebijakan yang lebih efektif dalam manajemen sampah. Diharapkan, dengan menyajikan informasi melalui motion graphic, siswa akan lebih terlibat dan memahami isu-isu seputar sampah dengan lebih baik. Langkah ini diharapkan akan membangkitkan kesadaran akan pentingnya praktik pengelolaan sampah yang baik sejak dini, menciptakan lingkungan sekolah yang lebih berkelanjutan, dan membentuk generasi yang peduli terhadap lingkungan. Dengan demikian, penelitian ini juga menilai tentang seberapa jumlah tingkat kepuasaan siswa terhadap video animasi motion graphic sebagai media edukasi.

References

N. Andayani, E. Mulatsari, M. Moordiani, S. Khairani, and G. F Swandiny, “Edukasi dan Aplikasi Pengelolaan Sampah Berbasis Pemilahan Sampah di Lingkungan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 23– 35, 2022.

D. A. A. Revlinasari, I. N. S. Degeng, and A. Wedi, “Animasi Motion Graphics Dinamika Litosfer Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Sma,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 168–177, 2021.

P. U. Suseno, Y. Ismail, and S. Ismail, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia,” Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 59–74, 2020.

N. Puspita and W. Wardiyah, “The Development of Motion Graphic as Education Material for Promoting Adequate Home Drug Storage,” SANITAS J. Teknol. dan Seni Kesehat., vol. 10, no. 2, pp. 92–101, 2019.

N. Q. Panjaitan, E. Yetti, and Y. Nurani, “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 588, 2020.

H. Aprianto, “Motion Graphic ‘Akhlak’ Sebagai Media Edukasi Penyimpangan Perilaku Sosial Pada Remaja,” J. Bhs. Rupa, vol. 3, no. 1, pp. 60–67, 2019.

S. B.- Butar, “Motion Graphic Sebagai Media Edukasi Cybercrime di Kalangan Mahasiswa,” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 7, no. 1, pp. 25– 34, 2023.

I. F. Yuwono and M. G. Saputra, “Perancangan Motion Graphic "Awas Predator Online,” Andharupa J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 8, no. 4, pp. 517–534, 2022.

J. Teknika, A. D. Gusmantoro, and R. Kurniawan, “Teknika 17 (1): 241-252 Animasi Profil Program Studi Teknik Informatika IIB Darmajaya Menggunakan Teknik Motion Graphics,” Ijccs, vol. 17, No.1, no. Animasi Profil Program Studi Teknik Informatika IIB Darmajaya Menggunakan Teknik Motion Graphics, pp. 1–5, 2023.

M. Pradila and S. Prasetyaningsih, “Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Promosi Profil EO Batam Pos,” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 5, no. 1, pp. 64–75, 2021.

F. Hanif, I. N. S. Negara, and N. K. R. Astuti, “Animasi 2D Sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi Anak Di Pt. Pilar Kreatif Teknologi Di Denpasar,” Amarasi J. Desain Komun. Vis., vol. 3, no. 02, pp. 132–142, 2022.

A. Setiawan, “Pembuatan Motion Grafis Exam dan Materi di Sekolah Vokasi IPB untuk Media Pembelajaran secara Online,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 2, p. 308, 2020.

T. Yuliati, “Film Pendek Masyarakat Daerah Pinggir Kota Dumai Dengan Penggabungan Teknik Live Shoot Dan Motion Graphics,” I N F O R M a T I K a, vol. 12, no. 1, p. 28, 2020.

R. O. Dwiflora and E. Cofriyanti, “Pembuatan Media Pembelajaran Animasi 2D (Motion Graphic) Pada Mata Kuliah Praktikum Fotografi Dasar,” CogITo Smart J., vol. 7, no. 2, pp. 204– 214, 2021.

Y. Efendi, E. Adi, and S. Sulthoni, “Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 97–102, 2020.

A. Tartila, “Penggunaan Media Video Motion Graphic,” 2021.

S. Sari, A. Nuralma, A. R. Feocliamsyah, H. Hafiizh, and P. E. Sunardi, “Pengukuran Beban Kerja Dengan Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort,” J. Kesehat. Masy. Dan Lingkung. Hidup, vol. 7, no. 1, pp. 9–20, 2022.

Okpatrioka, “Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan,” J. Pendidikan, Bhs. dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 86–100, 2023.

K. Khairunnisa and I. S. Jiwandono, “Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar,”ELSE(Elementary Sch. Educ. Journal) J. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 4, no. 1, p. 9, 2020.

Published

2024-08-10

Issue

Section

Artikel