UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN DI UMKM KRULILA KELURAHAN BOJONGBATA KECAMATAN/KABUPATEN PEMALANG

Authors

  • Santi Suciningtyas Institut Teknologi dan Bisnis Adias Pemalang
  • Ari Putri Haryanti Institut Teknologi dan Bisnis Adias Pemalang
  • Muhammad Aldi Yulian Wahyudi Institut Teknologi dan Bisnis Adias Pemalang
  • Putri Tia Agustina Institut Teknologi dan Bisnis Adias Pemalang
  • Arif Hadi Prasetyo Institut Teknologi dan Bisnis Adias Pemalang

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjcd.v3i2.194

Keywords:

Strategi Marketing, Pengelolaan Sumberdaya Manusia

Abstract

Banyak upaya untuk yang perlu dilakukan terkait pengembangan suatu usaha dalam peningkatan laba usaha UMKM.  Penerapan strategi marketing dan pengelolaan sumberdaya manusia  menjadi pilihan untuk pencapaian tujuan yang dinginkan.  Strategi marketing produk dalam hal ini dijelaskan sebagai uraian rencana secara rinci yang berisikan tentang bagaimana cara mengenalkan maupun menjual sebuah produk yang bisa menarik konsumen potensial menjadi konsumen riil. Upaya ini dilakukan untuk memastikan bagaimana sebuah produk dapat dipasarkan secara efektif kepada satu target pasar tertentu.  Sedangkan pengelolaan sumberdaya manusia dalam pembagian tugas yang jelasakan menghasilkan output yang lebih optimal karena adanya speialisasi kerja.

Downloads

Published

2023-08-10

Issue

Section

Artikel