UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN DI UMKM KRULILA KELURAHAN BOJONGBATA KECAMATAN/KABUPATEN PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.54199/pjcd.v3i2.194Keywords:
Strategi Marketing, Pengelolaan Sumberdaya ManusiaAbstract
Banyak upaya untuk yang perlu dilakukan terkait pengembangan suatu usaha dalam peningkatan laba usaha UMKM. Penerapan strategi marketing dan pengelolaan sumberdaya manusia menjadi pilihan untuk pencapaian tujuan yang dinginkan. Strategi marketing produk dalam hal ini dijelaskan sebagai uraian rencana secara rinci yang berisikan tentang bagaimana cara mengenalkan maupun menjual sebuah produk yang bisa menarik konsumen potensial menjadi konsumen riil. Upaya ini dilakukan untuk memastikan bagaimana sebuah produk dapat dipasarkan secara efektif kepada satu target pasar tertentu. Sedangkan pengelolaan sumberdaya manusia dalam pembagian tugas yang jelasakan menghasilkan output yang lebih optimal karena adanya speialisasi kerja.