PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK-ANAK KAMPUNG DISKUSI BACA WARGA (KADIBAWA)
DOI:
https://doi.org/10.54199/pjcd.v3i2.253Keywords:
STAD, Baca, Prestasi BelajarAbstract
Program bimbingan belajar hadir untuk menyediakan bimbingan belajar. Bahasa Inggris bagi anak-anak Sekolah Dasar sebagai salah satu strategi peningkatan kualitas berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Tujuan dari bimbingan belajar Bahasa Inggris adalah anak-anak memiliki pengenalan materi dasar tentang Bahasa Inggris dasar dan mampu mengucapakan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar dalam Bahasa Inggris yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Metode pengabdian kepada masyarakat ini berupa penyuluhan melalui pembelajaranya yaitu pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan cara anggota tim menggunakan lembar kegiatan atau perangkat pembelajaran yang lain untuk menuntaskan materi pelajarannya dan kemudian saling membantu satu sama lain untuk memahami bahan pelajaran melalui tutorial, kuis, dan atau melakukan diskusi. Lokasi untuk pengabdianya berada di Dusun Dobo Kecamatan Pataruman Kota Banjar Jawa Barat tepatnya di KADIBAWA (kampong diskusi baca warga). Pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan telah mampu menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar 30 anak anak sehingga prestasi belajar Anak anak “Kampung Diskusi Baca Warga”meningkat. Terutama adanya penghargaan yang diberikan tutor disekolahnya pada kelompok terbaik. Pemberian penghargaan ini telah memunculkan efek positif pada anak anak. Anak anak semakin antusias untuk belajar