OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DI SMAN 13 SEMARANG MELALUI PELATIHAN KARAKTER PESERTA DIDIK DAN PEMBELAJARAN KREATIF BAGI GURU: STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN

Authors

  • Lathifatul Aulia Institut Teknologi Statistika dan Binis Muhammadiyah Semarang
  • Aini Mawar Mardiyah Institut Teknologi Statistika dan Binis Muhammadiyah Semarang
  • Gilang Romadan Institut Teknologi Statistika dan Binis Muhammadiyah Semarang
  • Tarita Intan Soraya Institut Teknologi Statistika dan Binis Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjcd.v2i1.305

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan proses implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sosial budaya secara langsung kepada masyarakat dengan menggunakan metode ilmiah. Pengamatan dan realita nyata dalam kehidupan di masyarakat saat ini sedang mengalami kemunduran (paska pandemic covid-19). Datangnya pandemi memiliki dampak yang besar di kehidupan manusia di dunia, utamanya di bidang pendidikan. Kegiatan pembelajaran tatap muka terpaksa ditiadakan demi menyelamatkan jiwa dari serangan virus corona. Kebiasaan belajar secara online mengakibatkan turunnya minat belajar siswa yang terjadi dalam pembelajaran offline. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru SMAN 13 Semarang tentang karakter peserta didik, pembelajaran kreatif dan mengenal ilmu Aktuaria. Pelatihan ini perlu dilakukan karena kegiatan pembelajaran di kelas masih dirasa kurang efektif bagi peserta didik. Oleh karenanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pelatihan pembelajaran kreatif kepada guru diperlukan. Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Rabu 28 Desember 2022 diikuti oleh 28 peserta dari 45 guru di SMAN 13 Semarang, hal ini dikarenakan sebagian guru mengajukan cuti di saat tidak ada kegiatan belajar mengajar. Target dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman guru mengenai karakter peserta didik dan kemampuan menerapkan pembelajaran kreatif di kelas.

Published

2022-02-10

Issue

Section

Artikel