PELATIHAN METODE PENELITIAN KUALITATIF PADA GURU DALAM PENYUSUNAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMK PURNAMA WONOSOBO

Authors

  • Ghonimah Zumroatun Ainiyah

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjcd.v1i1.34

Keywords:

Kualitatif, Pengabdian, Kelas

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah 1). Rendahnya kemampuan guru
dalam mengatasi permasalahan pembelajaran: 2). Minimnya kemampuan dalam
malakukan penelitian tindakan kelas; 3). Kenaikan pangkat para guru tertunda. Penelitian
tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan guru secara individu ataupun
kelompok untuk mengatasi permasalahan pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas.
Mengingat pentingnya penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk mengatasi masalah
pembelajaran, pemerintah mewajibkan para guru untuk melakukan penelitian tindakan
kelas sebagai syarat untuk kenaikan pangkat. Pada umunya para guru sudah mampu
melaksanakan penelitian tindakan kelas dan mampu menyusun laporan penelitian
tindakan kelas. Secara kuantitatif dari peserta yang berjumlah 14 guru SMK Purnama
Wonosbo, sebanyak 14 guru berhasil dengan baik. Dimana para guru mampu
melaksanakan penelitian dan menyusun laporan penelitian tindakan kelas dengan benar.
Keberhasilan ini disebabkan tingkat motivasi para guru ini tinggi. Kegiatan ini berupa
Seminar Metode Penelitian Kualitatif kolaboratif dengan mencakup gagasan-gagasan dan
harapan-harapan semua orang yang terlibat dalam situasi terkait; pengaruh langsung hasil
Pelatihan Metode Penelitian Kualitatif pada guru SMK Purnama Wonosobo, berada pada
situasi dan kondisi yang nyata, dan berkesinambungan.

Published

2021-07-05

Issue

Section

Artikel