PENGEMBANGAN KNOW-HOW MAHASISWA MELALUI FIELDTRIP KE PERUSAHAAN LOKAL DAN UMKM DI WONOSOBO
DOI:
https://doi.org/10.54199/pjcd.v4i2.371Keywords:
manajemen pengetahuan, fieldtrip, umkmAbstract
Mahasiswa membutuhkan berbagai pembelajaran serta pengalaman untuk dapat memiliki pengetahuan bertindak (know-how) yang baik di masa mendatang. Namun, dalam menciptakan pengetahuan tidak hanya memiliki pengalaman, tetapi juga mampu untuk melakukan kodifikasi pada pengetahuan baru tersebut secara implisit maupun eksplisit. Beberapa perusahaan memberikan banyak pandangan baru kepada mahasiswa untuk mengembangkan cakrawala ilmu praktis dan berbagai cerita yang nantinya dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mengasah kemampuan serta karakter pembelajar yang tangguh. Fieldtrip diadakan dalam 1 hari yang melibatkan PT Tambi Wonosobo, Sentras Carica, UMKM Batik Tulis. Dalam hasil perbandingan pre-test dan post-test mahasiswa mengalami pengembangan yang sangat signifikan dalam menjawab berbagai pertanyaan terkait dengan manajemen operasional dan kaidah penulisan dalam rangka kodifikasi pengetahuan dalam sebuah tugas akhir. Hingga mendapatkan kesimpulan akhir bahwa terjadi berbagai peningkatan pada hasil evaluasi sehingga kegiatan fieldtrip disarankan untuk terus dilanjutkan dimasa mendatang.