PELATIHAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH LITERATURE REVIEW UNTUK GURU- GURU SMA NEGERI 1 SAMPANG CILACAP

Authors

  • Agus Sugandha Universitas Jenderal Soedirman
  • Agus Prabowo Universitas Jenderal Soedirman
  • Mashuri Universitas Jenderal Soedirman
  • Suroto Universitas Jenderal Soedirman
  • Suripto SMA N 1 Sampang Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjcd.v5i2.539

Keywords:

Literature Review, Publish Or Perish, VOS Viewer, artikel ilmiah, publikasi

Abstract

 Kemampuan guru-guru di SMAN 1 Sampang Kabupaten Cilacap dalam riset dan publikasi hasil riset masih perlu ditingkatkan. Terlepas daripada itu, semangat guru-guru di SMAN 1 Sampang untuk melakukan riset masih sangat baik. Untuk mendorong produktifitas dan menjaga motivasi guru- guru dalam riset dalam menulis publikasi, perlu pendampingan  pelatihan penyusunan artikel ilmiah dengan  metode literature review. Tujuan pengabdian ini adalah membekali guru-guru SMAN 1 Sampang dengan pengetahuan dan keterampilan melakukan riset literatur. Metode pengabdian di SMAN 1 Sampang ini  meliputi ceramah, pengenalan software Publish or Perish dan VOS Viewerr. Peserta pengabdian adalah seluruh guru dan staf pendidikan. Pemberian materi melalui ceramah berupa pemaparan tentang riset literature review, sumber-sumber artikel untuk riset, mencari dan menemukan celah riset dari hasil mengkaji literatur-literatur yang digunakan dan cara menganalisis literatur berupa artikel ilmiah. Selain itu seluruh peserta pelatihan diajak untuk mendownload aplikasi gratis yaitu Publish or Perish dan Vos Viewer diberikan contoh praktik penggunaannya. Pelatihan ini memberikan tambahan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan menulis  artikel ilmiah Literature Review.

 

References

Akben, N. (2019). Views of prospective form teachers on the problem posing approach that is used in science instruction. Elementary Education Online, 18, 1172–1185.

Isrok’atun, Tiurlina. (2014). Situation-Based Learning Untuk Meningkatan Kemampuan Creative Problem Solving Matematis Siswa SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1, 209–216.

Amalina, I. (2018). Students’ Creativity: Problem Posing in Structured Situation. Journal of Physics: Conference Series, 947.

English, L.D. (2019). Teaching and learning through mathematical problem posing:commentary.International Journal of Educational Research.

Prabowo, A., Pratikno, B., dan Mashuri. (2023a). Strategi Mengatasi Kemandegan Guru dalam Meneliti, Menulis dan Publikasi. Ulil Albab, 2(9): 4107-4120.

Prabowo, A., Sugandha, A., Mashuri, Suroto, Sehah, Guswanto, B.H. (2023b). Penyuluhan Cara Meneliti dan Menulis Hasil Penelitian Bidang Matematika Bagi Guru-Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Banyumas. Ulil Albab, 2(9): 4100-4106.

Prabowo, A., Sugiyanto, Pratikno, B., dan Mashuri. (2022). Sosialisasi Mendisain dan Mengerjakan Riset Sederhana Didukung dengan Pengolahan Data Menggunakan SPSS. Serambi Abdimas, 3(1): 111-118.

Erlinda, R. (2015). Bridging Critical Reading and Self-Critical Writing: EAP Task-based Teaching for Graduate Students. Proceeding English Education International Conference (EDUTICON), available at link

http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12248

Ramdhani, A., Amin, A.S. & Ramdhani, M.A. (2014). Writing a Literature Review Research paper: A Step-by-step Approach.http://www.researchgate.net/publication/311735510

Rahayu, S., Saleh, A.R. (2017). Studi Bibliometrik dan Sebaran Topik Penelitian pada Jurnal Hayati Terbitan 2012-2016. Pustakaloka, 201–218.

Downloads

Published

2025-08-10

Issue

Section

Artikel