PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Alfarisi Akbar Efendi Politeknik Negeri Cilacap

Abstract

This research aims to analyze and provide empirical evidence regarding the influence of corporate governance and company characteristics on Islamic Social Report (ISR) disclosure in Islamic banks in Indonesia. This analysis uses independent variables: commissioner size, sharia supervisory board, company size, leverage and profitability. Meanwhile, the dependent variable is Islamic Social Reporting. The sample used in this research is sharia banking in Indonesia which reports its annual reports for the 2013-2016 period.

References

Akerlof. 1970. The Market of lemons. The MIT Press. Oxford University. Oxford.

Anggraini. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi Padang. Sanata Dharma. Yogyakarta.

Arsyad, Wardani. 2012. The Role of Shariah Board in Islamic Banks : A Case Study of Malaysia, Indonesia, and Brunai Darusallam. ISRA colloquium. Bank Negara Malaysia.

Beritasatu.com. 2015. Potensi CSR Indonesia Capai Rp12 Triliun. (Online). Available at : http://sp.beritasatu.com/home/potensi-csr-indonesia-capai-rp12-triliun/92481

Dewi, Priyadi 2013. Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap corporate social responbility disclosure pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal ilmu & riset akuntansi. STIESIA. Surabaya.

Feriati dan Segoro. 2013. Pengaruh Ukuran Entitas, Profitabilitas, Laverage, Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Entitas Industri Dasar Dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2011. Jurnal Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil). Gunadarma. Bandung.

Firmansyah. 2014. ISR Sebagai Proksi Pengungkapan CSR Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmiah. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.

Inuzula, Basri, Shabri. 2015. Peran Dewas Pengawas Syariah dan Komisaris dalam Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal.Universitas Syiah Kuala. Aceh.

Jensen and Meckling. 1976. Theory of the firm : Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of financial economics. Harvard University. USA.

Karim. 2004. Bank Islam. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Nurhayati, Wasilah. 2013. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta : Salembaempat.

Othman et al. 2009. Determinants of Islamic Social reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia. University Tekhnologi MARA. Malaysia.

Othman, Thani. 2010. Islamic Social Reporting Of Listed Companies In Malaysia. International Journal of Applied Business and Economic. Research University Tekhnologi MARA. Malaysia.

Purwanto. 2011. Pengatuh tipe industri, ukuran perusahaan, Profitabilitas terhadap corporate social respobnility. Jurnal Akuntansi dan Auditing. UNDIP. Semarang.

Rahayu, Cahyati. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) pada Perbankan Syariah. Jurnal. UNISMA. Bekasi.

Rosiana, Juliarsa, Sari. 2013. Pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variable pemoderasi. Jurnal Akuntansi Udayana. Udayana. Bali.

Sembiring. 2006. Karakteriskti Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek. Universitas Katolik. Sumatra Utara.

Spence. 1973. Job Market Signaling. The MIT Press

Sriayu dan Mimba. 2013. Pengaruh karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responbility Disclosure. Jurnal Akuntansi Udayana. Udayana. Bali.

Sofyani et al. 2012. Islamic Social Reporting Index Sebagai Model Pengukuran Kinerja Sosial Perbankan Syariah (Studi komparasi Indonesia dan Malaysia). Jurnal Unnes. Semarang

Sunarto. 2016. Sharih Governance dalam pengungkapan Islamic Social Reporting Index dan Global Reporting Index Pada Perbankan Syariah Periode 2010-2013. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Internasional Semen Indonesia. Gresik.

Syukron. 2015. Tanggung jawab sosial dan kinerja keuangan pada bank umum syariah di Indonesia. Jurnal ekonomi dan hukum Islam. Sekolah tinggi agama Islam Darul ulum. Banyuwangi.

Taufik, Widianti, Rafiqoh. 2015. Pengaruh Islamic Governance Score, Laverage, Profitabilitas terhadap Islamic Social Reporting Index pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. Sriwijaya. Palembang.

Trisnawati. 2014. Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, laverage, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan corporate social responbility (CSR) industri perbankan di Indonesia. Syariah paper. UMS. Surakarta.

Ujiyantho dan Pramuka. 2007. Mekanisme corporate governance, manajamen laba, dan kinerja keuangan. Simponsium akuntansi. Makasar.

Undang Undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah

Utami dan Prastiti. 2011. Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap Social Disclosure. Jurnal ekonomi bisnis. UNM. Malang.

Wardayati dan Wulandari. 2014. Comparisons and differences of level Islamic Social Reporting Disclosure Islamic Banking in Indonesia and Malaysia. Paper AICIS XIV. Balikpapan

Widayuni, Harto. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responbility pada Perbankan Syariah di Indonesia dan Malaysia. Journal of accounting. UNDIP. Semarang.

Yaya, Martawireja, Abdurahim. 2009. Akuntansi perbankan syariah (teori dan praktek kontemporer). Jakarta : Salemba empat

Published

2024-02-10

How to Cite

Efendi, A. A. (2024). PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Perwira Journal of Economics & Business, 4(1), 96–108. Retrieved from https://ejournal.unperba.ac.id/index.php/pjeb/article/view/300

Issue

Section

Artikel