PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, BEBAN PAJAK TANGGUHAN DAN TAX PLANNING TERHADAP MANAJEMEN LABA

Penulis

  • Syamsul Asmedi Universitas Pamulang
  • Rizky Wulandari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i2.32

Kata Kunci:

Corporate Social Responsibility, Beban Pajak Tangguhan,  Tax Planning , Manajemen Laba.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility, beban pajak tangguhan dan tax planning terhadap manajemen laba  . Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility, beban pajak tangguhan dan tax planning,  Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014-2018. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel penelitian sebanyak 10 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskripstif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Metode analisis yang digunakan merupakan hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, Beban pajak tangguhan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dan tax planning berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa corporate social responsibility, beban pajak tangguhan dan tax planning  secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

 

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Beban Pajak Tangguhan,  Tax Planning , Manajemen Laba.

Unduhan

Diterbitkan

01-02-2022

Cara Mengutip

Asmedi, S., & Wulandari, R. . (2022). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, BEBAN PAJAK TANGGUHAN DAN TAX PLANNING TERHADAP MANAJEMEN LABA. Perwira Journal of Economics & Business, 1(2), 8–17. https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i2.32

Terbitan

Bagian

Artikel