PENGARUH PENGGUNAAN INFLUENCER INSTAGRAM TERHADAP CITRA MERK DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN
DOI:
https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i2.47Keywords:
Influencer, Instagram, Image, Brand, SalesAbstract
Masalah yang ditemukan adalah sebagian di antara follower masih ada yang merasa masih takut saat menjalani facial di klinik kecantikan, mereka khawatir jadi purging, takut tidak cocok, atau malah kulit jadi jelek kondisinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh Influencer terhadap Citra merek yang berdampak pada peningkatan volume penjualan produk AURA Dermatology Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Eksplanasi (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di AURA Dermatology Bandung. Pengumpulan data menggunakan angket dalam google form yang disebarkan kepada 90 pelanggan. Teknik analisa data menggunakan analisis korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Influencer terhadap Citra merek yang berdampak pada peningkatan volume penjualan produk AURA Dermatology Bandung sebesar 78,5%.
References
Amstrong, Kotler (2015), marketing an introducing prentice hall twelfth edition, England : pearson education, Inc
Arifin, Anwar. 2003. Ilmu komunikasi: suatu pengantar ringkas. Jakarta. PT. Rajagrafindo persada.
Atmoko dwi, Bambang. 2012. Instagram handbook tips fotografi ponsel. Jakarta:media kita.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori belajar dan pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fandy Tjiptono., Gregorius Chandra., dan Dedi Adriana., 2008, Pemasaran Strategik, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. edisi 2 Yogyakarta: CV. Andi Offset
Gozhali, Imam 2010. ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: UNDIP.
Kotler, Philiph (alih bahasa Ancella Anitawati Hermawan SE), Manajemen Pemasaran Analysis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta: Salemba Empat, 2000
Nasrulloh, Rulli, 2016. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Yanuar Widi Prabowo, Suharyono & Sunarti, Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 14 No. 2 September 2014
Sulaeman, M., & Kusnandar, H. F. (2020). Integrated Marketing Communication Model in Shaping Brand Equity and Business Performance in the Creative Industries of Embroidery Sector. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 3798–3805. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1444
Sabrina Dimeila, Farid: Pengaruh Selebriti Endorser Instagram Terhadap Minat Beli Followers, Prologia EISSN 2598-777 Vol. 3, No. 1, Juli 2019
Ni Made Rahayu Wulandari, I Ketut Nurcahya, Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo di Kota Denpasar, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 11, 2015
Gayatri Hutami Putri & Bhina Patria, Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri, Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (Gamajpp) Volume 4, No. 1, 2018
Shiya Azi Sugiharto dan Maulana Rezi Ramadhana, S.Psi., M.Psi, Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume VIII No. 2 Desember 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Universitas Perwira Purbalingga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.