KECENDERUNGAN MINAT USAHA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KARYAWAN SWASTA DI KAWASAN INDUSTRI CIKARANG

Penulis

  • Indra Permana Universitas Pelita Bangsa
  • Dian Rachmawati Afandi Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i2.49

Kata Kunci:

pengetahuan kewirausahaan, motivasi, lingkungan keluarga, minat usaha

Abstrak

Meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia akibat terdampak wabah Covid-19 semakin pesat di tahun 2020. Selain itu kerugian dibidang ekonomi terutama perdagangan juga menjadi penyebab krisis ekonomi. Dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi jumlah penularan virus Covid-19, bisnis online menjadi salah satu cara mempermudah customer untuk melakukan transaksi jual beli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi dan lingkungan keluarga pada minat usaha online dimasa pandemi Covid-19 pada karyawan swasta di kawasan industri Cikarang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling Design dengan memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Populasi dalam penelitian ini ialah karyawan swasta di kawasan industri Cikarang. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan kewirausahaan, motivasi dan lingkungan keluarga terhadap minat usaha online. Ketiga variabel juga memiliki pengaruh simultan terhadap minat usaha online dimasa pandemi Covid-19 pada karyawan swasta di kawasan industri Cikarang.

Referensi

Anand .F, Meftahudin. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa.

Djaali (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Fajar Ramadhan. (2019). Pengaruh Sikap Mandiri, Jiwa Kewirausahaan, dan Penge-tahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Konsentrasi Kewirausahaan). Bekasi: Universitas Pelita Bangsa.

Farhan, A.I. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Warga Desa Serang Baru Bekasi. Repository.pelitabangsa.ac.id

Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Helmawati (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hendrawan, J.S dan Sirine, H (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Maha-siswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE – Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol.2, No.3.

Hendro, Ir.MM (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta. Erlangga.

Hendro. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Praktik Kerja Industri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Pemasaran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Kajian Pendidikan Ekonomi( Vol 1, No 2).

Hisric, Robert D. Michael P.Peters. Dean. A. Sheperd. (2012). Kewirausahaan-Entrepreneurship. Jakarta: Salemba Empat.

Idham Kholid. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa. Bekasi: Universitas Pelita Bangsa.

Kuntowicaksono. (2012). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Economic Education, Vol.1, No.1.

Noviantoro, G. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi berwirausaha, dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY.

Novita Kurniawan. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa. Bekasi: Universitas Pelita Bangsa.

Oktarina, H.et al (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Ber-wirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia.

Rifki Farhan. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Sikap Mandiri dan Mo-tivasi terhadap Minat Berwirausaha (Studi kasus pada wirausahawan toko bahan bangunan di Cikarang Utara). Bekasi: Universitas Pelita Bangsa.

Saiman, Leonardus. (2009) Kewirausahaan : Teori, Praktik dan Kasus-kasus. Jakarta : Salemba Empat.

Sampurna, Angen Adhy (2015). Minat Berwirausaha Ditinjau Dari Motivasi Berwirausaha dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Karawitan dan Seni Tari SMK Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.

Semiawan, Conny R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Grasindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. CV

Sugiyono. Dr. Prof. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suharti dan Sirine. (2011). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.

Suratno, et al. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Media Sosial, dan Mo-tivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa/I pada SMK Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Volume 1, Issue 5, Mei 2020

Suryana, (2014). Kewirausahaan, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : Salemba Empat.

Yusuf, Syamsu. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

17-07-2021

Cara Mengutip

Permana, I., & Rachmawati Afandi, D. . (2021). KECENDERUNGAN MINAT USAHA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KARYAWAN SWASTA DI KAWASAN INDUSTRI CIKARANG. Perwira Journal of Economics & Business, 1(2), 28–40. https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i2.49

Terbitan

Bagian

Artikel