ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Erna Rusmiwati Sukandar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah
  • Endang Syarif Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah
  • Asri Mursidah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjeb.v2i1.95

Kata Kunci:

SWOT, Pandemi Covid-19, Strategi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan yang memengaruhi Hidroponik Al-Falah pada saat pandemi Covid-19. 2) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Hidroponik Al-Falah pada saat pandemi Covid-19. Desain yang  digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif  menggunakan teknik  penetuan sampel,  purposive sampling.  Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer (observasi dan wawancara) dan data sekunder (dokumentasi  dan studi keperpustakaan). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  : 1) Peluang yang dimiliki yaitu jaringan pemasaran yang luas, pengaruh positif tren kesehatan di masa pandemi covid-19, pandangan masyarakat terhadap metode hidroponik, loyalitas pelanggan. Adapun ancaman yang dimiliki antara lain munculnya pesaing produsen sayur hidroponik, kondisi perekonomian yang tidak stabil dimasa pandemi covid-19, permintaan yang tidak stabil pada masa pandemi covid-19, cuaca yang tidak menentu. Sedangkan kekuatan yang dimiliki adalah produk memiliki kualitas yang baik, harga terjangkau dan stabil mendukung masyarakat untuk konsumsi sayur pada masa pandemi covid-19, lokasi yang strategis, segmentasi pasar yang tepat, ketersediaan sayur yang stabil dan memenuhi permintaan sayuran hidroponik pada masa pandemi covid-19, volume produksi yang sudah optimal dan kelemahan yang dimiliki seperti harga bahan baku di Kota Singkawang cukup tinggi, promosi perlu lebih dikembangkan, variasi produk sayuran hidroponik yang kurang beragam membuat pelanggan dan konsumen tidak banyak pilihan. 2) Berdasarkan hasil analisa matriks SWOT terhadap faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan  faktor ekternal (peluang dan ancaman) Hidroponik Al-Falah diperoleh sembilan alternatif strategi terdiri dari strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T dan strategi W-T yang dapat diterapkan oleh Hidroponik Al-Falah pada saat pandemi covid-19.

Referensi

Alma, B. (2018). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmanto, & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17 Ed. London: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Ed. London: Pearson Education.

Suci, R. P. (2015). Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2017). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: CAPS.

Susilawati. (2019). Dasar-dasar Bertanam Secara Hidroponik. Palembang: UPT. Penerbit dan Percetakan Universitas Sriwijaya.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2020. Dipetik Mei 21, 2021, dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2021, Februari 22). Gejala Covid-19. Dipetik Mei 20, 2021, dari https://fiq7rxn3wjullpjcz5vsylm3te-acxjk7j6qcuqfoy-www-cdc-gov.translate.goog/coronavirus/2019-ncov/symptoms-testing/symptoms.html

CNBC Indonesia. (2020, Maret 12). WHO Nyatakan Wabah COVID-19 jadi Pandemi, Apa Maksudnya? Dipetik Mei 21, 2021, dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312075307-4-144247/who-nyatakan-wabah-covid-19-jadi-pandemi-apa-maksudnya

Kementrian Kesehatan. (2020). Cegah Virus Corona, Jaga Kesehatan Masyarakat dengan GERMAS. Dipetik Maret 12, 2021, dari https://promkes.kemkes.go.id/cegah-virus-corona-jaga-kesehatan-dengan-germas

Kementrian Kesehatan. (2020). Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19. Dipetik Maret 12, 2021, dari http://bit.ly/pedomangizi

World Helath Organization. (2020). Novel Coronavirus. Dipetik Maret 12, 2021, dari https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub

Unduhan

Diterbitkan

22-03-2022

Cara Mengutip

Rusmiwati Sukandar, E., Syarif, E., & Mursidah, A. . (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK PADA MASA PANDEMI COVID-19. Perwira Journal of Economics & Business, 2(1), 80–89. https://doi.org/10.54199/pjeb.v2i1.95

Terbitan

Bagian

Artikel