GOOD GOVERNANCE DALAM PENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA CANDIMULYO JOMBANG

Penulis

  • Zhelika Sari Universitas Hasyim Asy’ari Jombang

Kata Kunci:

good governance, kualitas, pelayanan publik

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan good governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor desa candimulyo. Penelitian ini dilakukan pada bagian pelayan publik. Metode penilitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif dan sumber data yang diperoleh melalui dokumentasi dan studi kepustakaan dengan acuan media internet dan berkas RPJM Desa. Teknik pengumpulan yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Good governance atau tata pemerintahan yang baik memiliki prinsip-prinsip yang dapat diterapkan dalam sistem pelayanan publik. Menurut UNDP prinsip-prinsip tersebut adalah partisipasi, aturan hukum, keterbukaan, daya tanggap, berorientasi konsensus, berkeadilan, efektivitas dan efisien, dan bervisi strategis. Pada Kantor Desa Candimulyo ada beberapa prinsip Good governance yang telah diterapkan, seperti prinsip aturan hukum, prinsip daya tanggap, dan prinsip keterbukaan. Prinsip-prinsip tersebut dapat menjadi awalan untuk menerapkan prinsip-prinsip good governance yang lainnya, sehingga kualitas pelayanan publik yang ada di Kantor Desa Candimulyo menjadi lebih baik.

Referensi

cahyadi, a. (2016). penerapan good governance dalam pelayanan publik (studi tentang kualitas pelayanan elektronik kartu tanda penduduk berbasis good) governance di kecamatan sukolilo surabaya). jurnal penelitian administrasi publik, 2(2), 479–494.

chakim, l., & darsono. (2021). analisis pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat (studi empirik : kelurahan bendungan semarang). dharma ekonomi, 28(2), 36–49.

indonesia. (n.d.). undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah.

lauma, r., pangemanan, s., & sampe, s. (2019). pengaruh penerapan prinsip-prinsip good governanace terhadap kualitas pelayanan publik (suatu studi di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten bolaang mongondow utara). eksekutif : jurnal jurusan ilmu pemerintahan, 3(3), 1–9.

rohman, abd., hanafi, y., & hardianto, w. (2019). penerapan prinsip-prinsip good governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. reformasi, 9(2), 153–160. https://doi.org/10.33366/rfr.v9i2.1469

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2023

Cara Mengutip

Sari, Z. (2023). GOOD GOVERNANCE DALAM PENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA CANDIMULYO JOMBANG. Perwira Journal of Economics & Business, 3(2), 23–28. Diambil dari https://ejournal.unperba.ac.id/index.php/pjeb/article/view/204

Terbitan

Bagian

Artikel