PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN KERJA, DAN SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KOTA BANJAR

Penulis

  • Maman Sulaeman Universitas Perwira Purbalingga
  • Mumun Surahman Universitas BSI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.54199/pjeb.v2i1.76

Kata Kunci:

Motivasi, Sertifikasi, Kepuasan, Kinerja, Guru

Abstrak

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka baik secara individu maupun kelompok, guru diharapkan memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya di sekolah.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan budaya kerja terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji teori dengan merinci hipotesis. Populasi  dalam penelitian ini adalah guru MA di Kota Banjar yang sudah bersertifikasi yaitu 153  orang. Analisis data mengguakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, kepuasan dan sertifikasi berpengaruh terhadap kinerja guru.

Referensi

Miftah Thoha, Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Prilaku, (Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2015),

Mulyasa E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung : PT. Remaja, 2012),

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2015.

Gomes Faustino Cardoso, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta : Andi Offset,

Barnawi dan Mohammad Ariffin. 2104. Kinerja guru Profesional. Yogyakarta: ARRUZZ MEDIA.

Baruningsih, P. 2011. Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru Akutansi di SMK Se-Kabupaten Sragen. http://lib.unnes.ac.id.pdf .

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Depdiknas. 2005 UU. No. 14 Tahun 2005, Pasal 8 & 10, Kompetensi Profesional Guru, Jakarta : Depdiknas

Faizal, R., Sulaeman, M., & Yulizar, I. (2019). Pengaruh Budaya, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. EBA Journal: Journal Economics, Bussines and Accounting, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.32492/eba.v5i1.706

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesionalisme, dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesional Pendidik. Jakarta: Sinar Grafika Offet.Balitbang Depdiknas. 2015. Data Kualifikasi Pendidikan Guru . Jakarta: Depdiknas.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Jumari, Md. Yudana, IGK. A. Sunu. 2013. “Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Mengajar Guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan.”Dalam e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Pancasila

Yulia Rachmawati. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. Vol. 01 No. 01

Zainuddin.2017. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sd, MA, Sma Dan Smk Se Kabupaten Fakfak. JURNAL LISAN AL -HAL. “Volume 11, No. 2.

Mohammad Zulkifli.2014. Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan Dan Kinerja Guru. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol.3, No.02

Enni Pudjiastuti.2011. Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja MA Negeri 1 Purwodadi Grobogan. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia Vol. 5 No. 2

Lutviani Rahayu. 2014. Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di MA Negri 5 Magelang. Economic Education Analysis

Unduhan

Diterbitkan

02-02-2022

Cara Mengutip

Sulaeman, M., & Surahman, M. (2022). PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN KERJA, DAN SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KOTA BANJAR. Perwira Journal of Economics & Business, 2(1), 20–30. https://doi.org/10.54199/pjeb.v2i1.76

Terbitan

Bagian

Artikel