EFEKTIVITAS BAHAN AJAR IPA PADA TEMA HUKUM NEWTON BERDASARKAN LITERASI SAINS

Penulis

  • Ika Maulita Universitas Perwira Purbalingga

Kata Kunci:

bahan ajar, literasi sains, hukum Newton

Abstrak

Bahan ajar merupakan alat yang penting dalam kegiatan belajar mengajar dan selalu mengalami perkembangan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan fungsi bahan ajar dalam membantu memberikan pemahaman tentang suatu materi pada para siswa. Salah satu masalah yang ditemui pada bahan ajar yang ada saat ini adalah ketidakseimbangan muatan literasi sains, sehingga siswa mendapatkan nilai hasil belajar yang tidak tuntas khusunya pada materi gaya. Oleh karena itu, penulis menguji efektivitas bahann ajar berbasis literasi sains. Desain penelitian ini adalah desain grupkontrol nonekuivalen pretest-posttest yang menggunakan metode desain eksperimen sejati. Penelitian ini menggunakan teknik sampel acark untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen yang mengacu pada nilai kemampuan siswa pada materi sebelumnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, ujji kesamaan dua rata-rata, dan uji N-gain. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,21, yang termasuk dalam klasifikasi rendah. Di sisi lain, kelas eksperimen memiliki peningkatan sebesar 0,6, yang menunjukkan peningkatan hasil belajar mereka termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan bahan ajar tema Hukum Newton berdasarkan literasi sains efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Referensi

Afandi, Sajidan, Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development frameworks of the Indonesian partnership 21 st -century skills standards for prospective science teachers: A Delphi study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 89–100. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.11647

Brennen, B. (n.d.). Making Sense of Lies, Deceptive Propaganda, and Fake News. https://epublications.marquette.edu/comm_fac/485

Dwi Lestari, A., Yolida, B., Rita Marpaung Pendidikan Biologi, R. T., Univeritas Lampung, F., & Soemantri Brodjonegoro No, J. (n.d.). Evektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kampung Jawa.

Fausan, M. M., Susilo, H., Gofur, A., Sueb, & Yusop, F. D. (2021). The scientific literacy performance of gifted young scientist candidates in the digital age. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 467–498. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39434

Gulbahor Renatovna, A., & Surayo Renatovna, A. (2021). Pedagogical and psychological conditions of preparing students for social relations on the basis of the development of critical thinking. In PSYCHOLOGY AND EDUCATION (Vol. 58, Issue 2). www.psychologyandeducation.net

Indriayu, M. (2018). The Influence of Science Literacy-Based Teaching Material towards Science Achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(3), 182–187. https://doi.org/10.11591/ijere.v7.i3.14033

Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Maulina, D., Triyaningsih, F., Yolida, B., & Cipta, S. (2023). Students’ Science Literacy Ability: Study on the Topic of Environmental Pollution at SMPN 2 Merbau Mataram. In Journal of Adaptive Education (Vol. 1, Issue 1). https://journals.fkip.unila.ac.id/index.php/aej

New Vision for Education Unlocking the Potential of Technology. (2015). www.weforum.org

OECD. (2018). Programme for international student assessment (PISA) result from PISA 2018. New York: Columbia University.

Oliver, K. (2009). An investigation of concept mapping to improve the reading comprehension of Science texts. Journal of Science Education and Technology, 18(5), 402–414. https://doi.org/10.1007/s10956-009-9157-3

Putri, A., dan Yolida, B.,(2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana, 1. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/16751%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/download/16751/11957

Rusli Baharuddin, M., Author Pendidikan Matematika, C., & Artikel, H. (n.d.). CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. https://e-journal.my.id/cjpe

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Taslidere, E. (2015). Assessment of Pre-Service Teachers Misconceptions in Geometrical Optics via a Three-Tier Misconception. Bartın Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 4(1), 269–269. https://doi.org/10.14686/buefad.2015111057

Waldo, J. T. (2014). Application of the Test of Scientific Literacy Skills in the Assessment of a General Education Natural Science Program. The Journal of General Education, 63(1), 1–14. https://doi.org/10.5325/jgeneeduc.63.1.0001

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2023

Cara Mengutip

Maulita, I. (2023). EFEKTIVITAS BAHAN AJAR IPA PADA TEMA HUKUM NEWTON BERDASARKAN LITERASI SAINS. Perwira Journal of Economics & Business, 3(2), 49–54. Diambil dari https://ejournal.unperba.ac.id/index.php/pjeb/article/view/211

Terbitan

Bagian

Artikel