ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH
Kata Kunci:
bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati, kepuasan nasabahAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel seecara accidental sampling dan teknik analisis kuantitatif dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung > F tabel yaitu 29,834 >2,20 atau nilai Sig. F (0,000) < a = 0,05 maka hasilnya signifikan. Secara parsial yang berpengaruh positif dan signifikan adalah variabel bukti fisik, keandalan, jaminan, dan empati.Variabel daya tanggap berpengaruh positif tapi tidak signifkan.Variabel yang berpengaruh paling dominan adalah variabel empati.
Referensi
Jasfar Farida (2005). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, cetakan pertama. Penerbit Ghalia.
Kotler, Philip. 2002b. Manajemen Pemasaran. Ahli Bahasa : Hendra Teguh, Ronny Antonius Rusli. Edisi Millenium II. Jilid II Jakarta : PT Prenhalindo.-----------------. 2005. Manajemen Pemasaran. Ahli Bahasa : Benyamin Molan. Jilid 1. Jakarta. PT INDEKS Kelompok Gramedia.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat.
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi.Edisi 7.Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Simamora, Bilson. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Singarimbun, Masri dan Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis.Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Universitas Perwira Purbalingga

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.