ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH

Penulis

  • Juli Handayani Universitas Perwira Purbalingga

Kata Kunci:

bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati, kepuasan nasabah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati  terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel seecara accidental sampling dan teknik analisis kuantitatif dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung > F tabel yaitu 29,834 >2,20 atau nilai Sig. F (0,000) < a = 0,05 maka hasilnya signifikan. Secara parsial yang berpengaruh positif dan signifikan adalah variabel bukti fisik, keandalan, jaminan, dan empati.Variabel daya tanggap berpengaruh positif tapi tidak signifkan.Variabel yang  berpengaruh paling dominan adalah variabel empati.

Referensi

Jasfar Farida (2005). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, cetakan pertama. Penerbit Ghalia.

Kotler, Philip. 2002b. Manajemen Pemasaran. Ahli Bahasa : Hendra Teguh, Ronny Antonius Rusli. Edisi Millenium II. Jilid II Jakarta : PT Prenhalindo.-----------------. 2005. Manajemen Pemasaran. Ahli Bahasa : Benyamin Molan. Jilid 1. Jakarta. PT INDEKS Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi.Edisi 7.Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Simamora, Bilson. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun, Masri dan Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis.Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2023

Cara Mengutip

Handayani, J. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH . Perwira Journal of Economics & Business, 3(2), 55–63. Diambil dari https://ejournal.unperba.ac.id/index.php/pjeb/article/view/212

Terbitan

Bagian

Artikel