SOCIAL IMPACT OF THE DEVELOPMENT OF GREAT GENERAL SOEDIRMAN AIRPORT ON THE COMMUNITY OF KEMANGKON VILLAGE BUKATEJA SUB-DISTRICT

Penulis

  • Karunia Zuraidaning Tyas universitas perwira purbalingga
  • Almas Rifqi Darmawan universitas perwira purbalingga
  • Retno Pangestu universitas perwira purbalingga
  • suwali suwali Universitas Perwira Purbalingga

Kata Kunci:

Social, Economic, and Regional Development Impacts

Abstrak

Abstrak: Dampak Sosial Pembangunan Bandara JB Soedirman Terhadap Masyarakat Desa Kemangkon Kecamatan Bukateja. Keberadaan bandara menjadi sarana penting bagi suatu daerah. Bandara juga dapat menjadi peluang ekonomi dan sosial bagi Masyarakat sekitar. Proyek pembangunan bandara JB Soedirman dimulai tahun 2018 dimana dulunya merupakan pangkalan udara militer milik TNI Angkatan Udara. Pembangunan ini diharapkan berdampak besar terhadap masyarakat di Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara pada responden yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian mengungkapkan dampak positif dan dampak negative yang dirasakan Masyarakat. Dampak positif terlihat dengan bertumbuhnya kegiatan perekonomian Masyarakat Kecamatan Bukateja. Sedangkan dampak negative terjadi pada aspek sosial masyarakat yang mengalami pertukaran budaya dan terciptanya kepadatan pemukiman

 

Referensi

Ayuningtyas, W. (2022). Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) Bagi Kepala Keluarga di desa Glagah Kulon Progo. Jurnal Kewarganegaraan Vol 6 No 1.

Basuki, A. T., & Gayatri, U. (2009). PENENTU SEKTOR UNGGULAN DALAM PEMBANGUNAN DAERAH: Studi Kasus di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Huberman, M. B. (2009). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Maylinda, E. (2021). PEMBANGUNAN PARIWISATA BERKELANJUTAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA ADAT OSING KABUPATEN BANYUWANGI PROVINSI JAWA TIMUR. IPDN Jatinangor.

Subekti, R. (2016). KEBIJAKAN PEMBERIAN GANTI KERUGIAN DALAM PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM. Yustisia Vol 5 No 2.

Zunaidi, M. (2013). KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL PASCA RELOKASI DAN PEMBANGUNAN PASAR MODERN. The Sociology of Islam 3 (1).

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Tyas, K. Z., Darmawan, A. R., Pangestu, R., & suwali, suwali. (2024). SOCIAL IMPACT OF THE DEVELOPMENT OF GREAT GENERAL SOEDIRMAN AIRPORT ON THE COMMUNITY OF KEMANGKON VILLAGE BUKATEJA SUB-DISTRICT. Perwira Journal of Economics & Business, 4(1), 25–30. Diambil dari https://ejournal.unperba.ac.id/index.php/pjeb/article/view/267

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama