PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN
DOI:
https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i1.12Kata Kunci:
gaya kepemimpinan, stres kerja, konflik kerja, kinerja karyawanAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, stres kerja dan konflik kerja terhadap kinerja karyawan di ELTI Gramedia Purwokerto, Yogyakarta dan Solo. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. hitungannya lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,000 <0,05. Stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. hitungannya lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,000 <0,05. Konflik kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. hitungannya lebih tinggi dari 0,05, yaitu 0,104> 0,05. Gaya Kepemimpinan, Stres Kerja dan Konflik Kerja memiliki proporsi pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 54% sedangkan 46% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam model regresi linier.
Referensi
Ahirudin. (2011). Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bina
Anoraga, Panji. (2001). Psikologi Kerja. Jakarta. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Anoraga, Panji. (2003). Manajemen Organisasi. PT. Gramedia Pustaka Umum Jakarta.
Andini, Yossi Tri. (2005). Faktor-faktor Penyebab Stres Kerja Pada Pegawai Negeri Sipil Pasar
Flippo, B. Edwin. (2003). Manajemen Personalia, yang dialih bahasakan oleh Achmad S. Rukky. Jakarta: Erlangga.
Gibson, Ivancevich. (1987). Organisasi: Proses Struktur Perilaku. Edisi Lima, Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam. (2009). Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Ghozali, imam. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
I.L.Janis. (1972). “Victims of Groupthink”. Boston. Houghton Mifflin.
Artikel jurnal
Cipta. Nusa Perkasa Bandar Lampung. Jurnal Organisasi dan Manajemen. Vol.I,No:1.
Dharmmesta, B.S. (1999). Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual. Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Indonesia, Vol. 14, No. 3.
Faizal, Riza. (2019). Pengaruh Budaya, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal eBA
Homburg, C. dan Giering, A. 2001. Personal Characteristics as Moderators of the Relationship Between Customer Satisfaction and Loyalty-an Empirical Analysis. Psychology & Marketing, Vol 18 (1).
Paul S. Bush, and Michael J. Houston. 1985. Marketing: Strategic Foundation. Illinois : Homewood.
Rempel, J.K., Holmes, J.G., & Zanna, M.P. 1985. Trust In Close Relationships. Journal of Personality and Social Psychology Vol. 49 No. 1.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Universitas Perwira Purbalingga
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.