PENGKLASTERAN KECAMATAN DI KABUPATEN BANYUMAS BERDASARKAN JUMLAH PENDUDUK DAN LUAS WILAYAH DENGAN ANALISIS METODE K-MEANS CLUSTERING

Penulis

  • agus sugandha Universitas Jenderal Soedirman
  • Alim Jaizul Wahid
  • Suwali Suwali

Kata Kunci:

Kepadatan penduduk, Analisis cluster, K-means clustering

Abstrak

. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengelompokan tingkat kepadatan penduduk kecamatan di Kabupaten Banyumas tahun 2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari instansi terkait yaiu Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas yaitu data jumlah penduduk dan luas wilayah kecamatan di Kabupaten Banyumas tahun 2021. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan bantuan software IBM SPSS statistics 25. Analisis cluster dilakukan menggunakan metode K-means clustering. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 8 kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk yang rendah yaitu Kecamatan Lumbir, Wangon, Kebasen, Kemranjen, Sumpiuh, Gumelar, Pekuncen, dan Kedungbanteng. Tiga kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk yang sedang yaitu Kecamatan Ajibarang, Cilongok, dan Sumbang. Kemudian terdapat 16 kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi yaitu Kecamatan Jatilawang, Rawalo, Tambak, Somagede, Kalibagor, Banyumas, Patikraja, Purwojati, Karanglewas, Baturraden, Kembaran, Sokaraja, Purwokerto Selatan, Purwokerto Barat, Purwokerto Timur, dan Purwokerto Utara.

Referensi

P. Subekti dan M. Islamiyah, “Penentuan Model Hubungan Kepadatan Penduduk Dan Faktornya Menggunakan Metode Forward Selection,” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 2(1), hlm. 48-57, 2017.

J. Hayati, S. R. P Sitorus, dan S. Nurisjah, “Pengembangan Ruang Terbuka Hijau Dengan Pendekatan Kota Hijau Di Kota Kandangan,” TATALOKA, vol. 15(4), hlm. 306-316, 2013.

P. Marpaung dan R. F. Siahaan, “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Pemetaan Kepadatan Penduduk Berdasarkan Jumlah Penduduk Kota Medan,” Jurnal Sains Komputer & Informatika, vol. 5, hlm. 503–521, 2021.

S. Wulandari, “Clustering Kecamatan Di Kota Bandung Berdasarkan Indikator Jumlah Penduduk Dengan Menggunakan Algoritma K-Means,”Seminar Nasional Riset dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), vol. 1(1), hlm. 119-128, 2020.

N. Mara dan N. S. Intisari, “Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metode K-Means Cluster Analysis,” Buletin ilmiah Mat. Stat. Dan Terapannya (Bimaster), vol. 2(2), hlm. 133-136, 2013

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2023

Cara Mengutip

sugandha, agus, Wahid, A. J., & Suwali, S. (2023). PENGKLASTERAN KECAMATAN DI KABUPATEN BANYUMAS BERDASARKAN JUMLAH PENDUDUK DAN LUAS WILAYAH DENGAN ANALISIS METODE K-MEANS CLUSTERING. Perwira Journal of Economics & Business, 3(2), 98–103. Diambil dari https://ejournal.unperba.ac.id/index.php/pjeb/article/view/199

Terbitan

Bagian

Artikel