ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO ZAABAI CRAFT

Authors

  • Hima Barima Universitas Perwira Purbalingga
  • Fauziah Melani
  • Joda Rachindratama
  • Ukhti Azizah
  • Suwali Suwali Universitas Perwira Purbalingga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan di Toko Zaabai Craft. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Waktu pelaksanaannya direncanakan selama satu minggu di bulan November 2022. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis untuk mengetahui strategi seperti apa yang digunakan oleh Toko Zaabai Craft. Jenis data dalam penelitian adalah data kualitatif. Sedangkan, sumber data adalah data primer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, survei, dan wawancara.

Hasil penelitian adalah Toko Zaabai Craft sudah menerapkan strategi yang baik dalam mempertahankan usahanya. Seperti menambah bahan craft dengan mencari supplier tambahan, melakukan riset kebutuhan konsumen, tempat yang bersih dan nyaman serta kualitas barang yang bagus dengan harga yang murah. Sedangkan, faktor pendukung strategi pemasaran di Toko Zaabai Craft adalah manajemen promosi yang baik, dilakukannya riset pasar dan pelayanan yang ramah dan sopan. Meskipun juga terdapat faktor penghambat terkait bahan craft yang masih belum lengkap. Namun, faktor penghambat tersebut dapat diatasi dengan  cara mencari supplier tambahan untuk melengkapi bahan-bahan yang belum tersedia di Toko Zaabai Craft.

Published

2023-07-31

How to Cite

Barima, H., Melani, F., Rachindratama, J., Azizah, U., & Suwali, S. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO ZAABAI CRAFT. Perwira Journal of Economics & Business, 3(2), 36–48. Retrieved from https://ejournal.unperba.ac.id/index.php/pjeb/article/view/192

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>